Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

DISDUS (MUSLIMAH CORNER)

MUSLIMAH CORNER
By: Nining Runingsih

Wanita adalah makhluk yang sangat istimewa.
Begitu istimewanya hingga pernah siti Aisyah pun memina Rasulullah untuk meluangkan wakunya dan berbagi ilmu kepada kaum wanita.
Bahkan negeri ini pun sudah mengistimewakannya dengan adanya kereta listrik dikhususkan satu gerbong untuk perempuan, di stasiun selalu ada ruang menyusui, dan di masjid adapula yang menyediakan ruangan khusus untuk menyususi, berhias dan memperbaiki kerudungnya, dengan kaca yang teabl dan hitam sehingga orang dr luar tidak akan melihatnya. Tidak tembus pandang.
Di kampus misalnya, wanita dituntut lebih kreatif dari pria. Bahkan masalah membuat proposal, masalah mengatur keuangan, masalah memimpin divisi pun biasanya wanita yang diberikan amanah.
Muslimah corner adalah suatu tempat yang berada di sudut masjid kampus saya, ruangannya cukup besar, dan sering untuk kajian muslimah, untuk curhat, untuk pertemuan antar LDK, pertemuan muslimah dan pelatihan-pelatihan. Nama kegiatan muslimah corner ini inisiatif dari saya pribadi setelah memperhatikan lingkungan sekitar yang sepertinya membutuhkan tempat, tempat unuk singgah, tempat untuk bertanya, tempat untuk sharing, tempat untuk mendengarkan kajian, tempat untuk mengembangkan potensi dan bakat dan tempat untuk silahturahmi.
Saya sebagai muslimah menganggap banyak sekali yang dibutuhkan oleh seorang muslimah, berikut program-program dari muslimah corner  diantaranya :
a.       Muslimah Sehat

Sehat adalah hal yang paling berharga bagi kita semua, bahkan orang diluar sana sampai berani menghabiskan uangnya berjuta-juta bahkan bermilyar-milyaran agar ia bsa sembuh dari penyakitnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sudah kita ketahui bersama jika wanita itu lebih rentan terkena penakit, ada penyakit kista, kanker servik, AIDS, HIV dan wanita akan menjadi seorang ibu yang harus menjadi dokter pertaa bagi keluarganya bagi suami dan anaknya kelak, maka sangat dibutuhkan untuk setiap muslimah mengetahui tentang kesehatan, di muslimah corner ini kita akan menyediakan ruang khusus untuk konsultasi dan seminar mengenai kesehatan khusus untuk muslimah yang bisa di rutinkan menjadi sebulan sekali. Inshaa allah jika kita bertahap memberikan pengetahuan tentang kesehatan ini kita bisa meminimalisisr beberapa penyakit bagi sesama muslimah. Selain memberikan pengetahuan kita juga harus memberikan cek kesehatan bagi muslimah , agar kita bisa mengobati lebih dini jika terdapat suatu penyakit dan bisa langsung tanggap terhadap penyakit tersebut.


b.      Muslimah kenali si Merah

Banyak perempuan saat ini yang belum mengerti atau memahami macam-macam darah yang keluar ketiak  dia mulai baligh, banyak yang masih bertanya jiaka begini dan begitu apakah sudah mulai sholat atau belum?  Jiaka warnanya coklat itu bagaimana saya harus menyikapinya? Jika  keluarnya lebih dari 7 hari seperti biasanya, itu bagaimana?
Selalu pertanyaan-pertanyaan itu yang contohnya seperti itu yang mereka sering tanyakan, mereka sulit mengenali si Merah dan masih saja kikuk untuk mengahadapinya.
Program ini adalah program bagaimana agar seorang muslimah mengenali si Merah, yaitu darah, darah  disini yang dimaksud adalah darah haid atau istihadah atau darah penyakit yang keluar dari lubang vagina. Dengan program konsultasi mengenai darah agar bisa mengenal mana darah haid dan mana darah istihadah. Kenapa mesti konsultasi? Karean setiap muslimah punya malu, jika ia ingin mengutarakan atau bertanya sesuatu sering dengan sembunyi-sembunyi. Untuk langkah awal bisa kita lakukan dengan mengadakan workshop tentang darah ini dan di follow up atau ditindak lanjuti dengan adanya konsultasi di muslimah corner.
Muslimah corner tidak hanya punya basecamp di sudut masjid, muslimah corner tempatnya dimana saja dan bisa sharing, konsultasi dengan tim musliamh corner yang sebelumnya diberi pelatihan menjadi kader muslimah corner ini yang paham dengan syariat islam dan di muslimah corner ketika kader tidak bisa menjawab atau belum menemukan solusi untuk muslimah yang berkonsultasi, kita mempunyai ustadzah2 yang siap menjawabnya dan  kita juga akan mendatangkan DISDUS (diskusi solutif dunia muslimah) yang akan menghadirkan narasumber terpercaya di bidangnya atau ahli atau pkarnya, dengan diskusi yang akan memberikan solusi bagi problem muslimah seperti dibagian kesehaan kia datangkan dokter muslimah

c.       Muslimah Bila Adab Dijaga

Menjadi muslimah adalah sesuatu yang istimewa dan kita harus menjaga apa-apa yang menjadikan kita istimewa, terlebih mengenai adab seorang muslimah dengan saudaranya sesama muslimah dan dengan lawan jenis, ini menjadi sangat penting agar ketika kita sudah berhijab kita juga harus tahu bagaimana adab seorang yang berhijab terutama dengan lawan jenis yang tiap detik hanya memikirkan negative saja. Jika kita tak pandai mengelola adab yang harus kita pegang erat sesuai syariat, maka tanggapan orang itu akan sangat menyakitkan bagi kita. Banyak yang curhat kepada saya mengenai adab bagaimana jika kita satu kelas dengan makhluk adam? Bagaimana kita kaum akhwat ketika rapat dengan para ikhwan? Bagaimana dalam hal menjawab sms dari si dia yang sangat modus ? bagaimana caranya agar setiap ibadah kita tidak kita tunjukkan dengan riya dan sum’ah kepada saudara kita yang sesama muslimah? Pentingnya pembekalan adab untuk saudari muslimah agar tidak salah langkah salah berucap apalagi salah tingkah. Di muslimah corner ini kita akan berdakwah dengan cara memberikn seminar dan talkshow dan DISDUS agar bisa teratasi dan terjawab semua masalah aadab dengan mendatangkan narasumber dan di follow up dengan konsultasi dan kita ada liqo atau halaqah bagi siapa saja yang ingin mendapatkan ilmu agama.

d.      Muslimah Creativity

Sebagai muslimah kita juga dituntut untuk mempunyai kreativitas agar kita tak  monoton terhadap sesuatu, kreativitas bisa diasah, dibentuk dan dijadikan habits bukan? Kemampuan atau skill sangat bermanfaat sebagai modal muslimah agar tidak hanya bergantung pada uang saku orang tua karena saat ini kita sebagai mahasiswa, kelak kita juga yang akan mencari uang untuk memenuhi kebutuhan kita. Inilah peran muslimah selain berdakwah secara lisan bisa juga dakwah secara barang atau benda yang sederhana misalnya brosh, brosh dapat dibuat dari kain sisa dari penjahit dan sangat mudah menemukannya setelahnya kita siapkan beberapa yang dibutuhkan seperti jarum, benang,lem dan lain-lain. Alhamdulillah antusiasme muslimah dikampus saya cukup baik, dan kita melakukan pelatihan ini sebulan sekali inshaa Allah, baru mulai dengan brosh. Kita juga akan mengadakan pelatihan membuat syal , merajut, belajar memasak, membuat cupcake dan lainnya.
Dari hasil muslimah creativity itu kita bisa menjualnya, menjadikan kita mandiri dan punya keahlian, dan bisa mengajarkan pula ke teman-teman yang lain yang ingin belajar membuat brosh. Selain kita memberikan keterampilan kita juga bisa berdakwah supaya ia memakai brosh agar kerudungnya ketika diterpa angin tidak kemana-kemana dan untuk menutup auratnya.

e.       Muslimah writer

HIKMAH : Banyak sekali hikmah dengan adanya muslimah corner di setiap kampus atau di setiap instansi akan menambah semangat par amuslimah dalam menjalani kehidupannya karena ia tidak lagi merasa sendiri, dia merasa berjamaah, merasa banyak kaan, merasa banyak yang harus dia lakukan daripada hanya galau dikosan atau menggibahi saudaranya sendiri, lebih baik ia membagi apa yang ia bisa dengan mengajari membuat brosh, membuat creative design dengan corel draw atau dengan photoshop, berbagi keahlian memasak, berbagi motivasi, kita tidak akan sukses jika kita tidak bisa mensuksekan orang lain. Di muslimah corner ini kita juga akan sharing masalah-masalah yang mengganjal dalam hati seperti haid, kesehatan tubuh, rambut dan lainnya. Kita juga mengadakan kajian rutin tiap dua kali setiap bulan, inshaa Allah.




0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.