Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

4 WANITA TELADAN SEPANJANG ZAMAN

Oleh: Mujahidah Annisa Al-Iqtishod

            Sepanjang sejarah,ternyata Allah dan Rasul-Nya hanya memilih empat sosok muslimah terbaik di zamannya masing-masing. Mereka adalah sosok pemberi keteladanan sebagai wanita,ibu,istri bagi setiap orang khususnya para muslimah.

Empat wanita itu dinobatkan sebagai wanita terbaik di dunia dan di akhirat agar menjadi teladan sepanjang zaman dan Rasulullah menyebutkan nama-nama mereka bukan hanya sebagai catatan dan cerita sejarah saja namun agar akhlak dan perbuatannya ditiru oleh umatnya khususnya dari kalangan muslimah.

Rasulullah Shallahu ‘Alaiahi Wasallam bersabda, “Cukuplah wanita-wanita ini sebagai panutan kalian. Yaitu Maryam binti Imran, Khadijah binti khuwailid, Fatimah binti Muhammad dan Asiyah binti muzahim, istri fir’aun.” (HR Ahmad dan Tirmidzi), mereka tidak hanya paling baik di dunia tapi juga di akhirat.
“Sebaik-baik wanita penduduk surga adalah Khadijah binti Khuawilid, Fatimah binti Muhammad,Maryam binti Imran , dan Asiyah istri Fir’aun.” (HR Ahmad)
Masya Allah, betapa luar biasanya keempat wanita ini. Lalu apa yang menjadikan mereka wanita terbaik di dunia dan di akhirat ?

  • Maryam binti Imran

        Wanita yang satu ini merupakan wanita yang benar-benar ahli ibadah dan wanita yang benar-benar menjaga kehormatannya. sehingga Allah kemudian mengujinya dengan kehamilan tanpa ayah dan menjadikannya seorang ibu bagi nabi yang mulia.

      “Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).” (QS. Al-Imran: 42).

      “Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-KitabNya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.” (QS. At-Tahrim: 12)
dengan keimanan yang kuat dan pertolongan Allah,Maryam mampu melewati semua ujian dari-Nya. Maryam membesarkan anak yang lahir dari rahimnya, Nabi Isa as dengan penuh kasih sayang.

  • Khadijah Binti Khuwailid
        Khadijah merupakan teladan sejati bagi para istri dalam ketaatannya pada suami. Khadijah juga merupakan wanita pertama yang mengakui kenabian suaminya,selalu memberikan dukungan terbaik bagi Rasulullah dan tidak hanya dukungan,Khadijah merupakan saudagar sukses dari Mekkah. Sebuah pelajaran pentik bagi kaum wanita untuk menjadi pribadi yang professional juga mandiri.

      “Demi Allah, sesungguhnya Allah selamanya tidak akan pernah menghinakanmu. Demi Allah sungguh engkau telah menyambung tali silaturahim, jujur dalam berkata, membantu orang yang tidak bisa mandiri, engkau menolong orang miskin, memuliakan (menjamu) tamu, dan menolong orang-orang yang terkena musibah” (HR Al-Bukhari I/4 no 3 dan Muslim I/139 no 160).

     “Dia (Khadijah) beriman kepadaku di saat orang-orang mengingkari. Ia membenarkanku di saat orang mendustakan. Dan ia membantuku dengan hartanya ketika orang-orang tiada mau”. (HR. Ahmad).

     " Dan setiap apa yang dilakukannya mendapatkan balasan terbaik dari Rabbnya. Bersabda Rasulullah saw: “Wahai Khadijah, ini malaikat Jibril telah datang dan menyuruhku untuk menyampaikan salam dari Allah kepada-mu dan memberikan kabar gembira kepadamu dengan rumah yang terbuat dari kayu, tidak ada keributan dan rasa capai di dalamnya.” (HR Bukhari dan Muslim).
  •  Fatimah Binti Muhammad

©       TELADAN RASUL

“Saya tidak melihat seorang pun yang cara berjalan, tingkah laku, pembicaraan, dan saat berdiri juga duduknya yang sangat mirip dengan Rasulullah selain Fatimah.” (HR Tirmidzi)

©       KEDEWASAAN

Putri yang selalu menjadi saksi serta pelipur lara bagi ayahnya.

©       KESEDERHANAAN

Rela hidup berhemat diri saat berkeluarga dengan Ali.

  • Asiyah Binti Muzahim

©        ISTIQOMAH     
                                                                                                                            
 “Dan Allah membuat istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mudalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.” (QS. Attahrim: 11).

©       KESABARAN

“Sesungguhnya Fir’aun telah berbuat sewenang-wenang di muka bumi dan menjadikan penduduknya berpecah belah, dengan menindas segolongan dari mereka, menyembelih anak laki-laki mereka dan membiarkan hidup anak-anak perempuan mereka. Sesungguhnya Fir’aun termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-qoshos: 4).

Itulah kisah empat wanita teladan sepanjang zaman. Semoga menjadikan suri teladan bagi kita semua.

Wallahualam. 

(Dari berbagai sumber)

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.