Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

KAJIAN DIREKSI LDK AL-IQTISHOD



PRESS RELEASE
Saksikanlah Kami Seorang Mujahid

           
Sentul City, 17 November 2015.
Divisi Syiar Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia kembali menggelar kajian rutin selasa sore yang dikenal dengan nama DIREKSI ( Diskusi Sore Asyik dan Menginspirasi ). DIREKSI kali ini mengangkat judul yang sangat menarik yang mana diharapkan dapat menggebukan kembali semangat yang tertanam dalam diri para aktivis dakwah, yakni “Saksikanlah Kami Seorang Mujahid”. Kajian ini bersifat terbuka dan gratis, tidak hanya bagi para pengurus dan kader LDK Al-Iqtishod tetapi juga ditujukan bagi seluruh mahasiswa STEI Tazkia. Bertempat di Masjid Andalusia STEI Tazkia kajian dimulai pada pukul 15.45 WIB dengan pemateri yaitu Ust. Syamsul Bahri S.Si M.Ei yang merupakan salah seorang dosen Universitas Ibnu Khaldun, Bogor.
Berikut Notulensi materi yang disampaikan Ust. Syamsul Bahri pada kajian DIREKSI
Keimanan merupakan pembeda orang muslim dengan orang kafir, serta orang mukmin dengan orang munafik. Maka, untuk apa bersedih jika Allah telah menjanjikan kebahagiaan bagi mereka yang beriman? Jika tertimpa musibah, kembalilah kepada Allah. Maka Dia akan serta merta menurunkan cahaya iman agar kita merasa kuat.
Sama halnya dengan gerak dakwah kita yang tak melulu soal ketenangan. Pastilah dalam tiap langkahnya akan ditemui berbagai rintangan, cercaan bahkan hinaan. Bagaimana kita harus bersikap?
Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Ankabut Ayat 69


“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”
            Siapa yang bersungguh-sungguh berada dalam ketaatan di jalan Allah, maka Allah akan memberikan hidayah baginya. Orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan Allah, adalah orang yang berakal. Orang yang berakal adalah orang yang menjadikan Islam sebagai jalan hidupnya. Seperti disebutkan dalam firman Allah dalam surah Al-Insan :


“Sesungguhnya (ayat-ayat) ini adalah suatu peringatan, maka barangsiapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya.”
Maka bagi orang-orang yang memilih untuk tetap di jalan Allah, mereka akan diberi taufiq oleh Allah. Lalu, siapakah orang-orang yang diinginkan oleh Allah untuk tetap konsisten dengan komitmennya untuk tetap di jalan Islam? Adalah mereka yang akan diberi kebaikan oleh Allah dan dilapangkan dadanya untuk memilih Islam. Siapa yang Allah inginkan kebaikan kepadanya, maka Allah akan memahamkan agama kepadanya. Mereka yang mendapatkan kebaikan dan dilapangkan dadanya oleh Allah adalah mereka yang mujahid Fisabililah.
QS Al-An’am :125


Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya,niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

Karakter/Kriteria yang dimiliki seorang Mujahid :
1. Orang yang bermujahadah akan melihat siapa yang memerintah, tanpa melihat apa bentuk yang diperintahkan.
2.      Orang yang bermujahadah senantiasa Istiqomah dan Istimrar dalam kebaikan.
3.      Orang yang bermujahadah harus kuat dan tegar di jalan dakwah.
4.      Mereka yang bermujahadah lebih melihat dan mengutamakan prioritas yang besar dan meninggalkan prioritas yang kecil serta menjalankan prioritas besar tersebut.
5.      Mereka yang bermujahadah harus dapat melawan rasa berat untuk berjihad di jalan Allah.

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.