Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

Mabit Akbar!!! Sarana Muhasabah Akhir Tahun

PRESS RELEASE

MABIT AKBAR LDK Al-Iqtishod dan Jam’iyyatul Huffaadz
STEI TAZKIA


               
Kembali, LDK Aliqtishod sebagai oase dakwah kampus menyuguhkan kegiatan yang menjadi sarana mensyiarkan Islam di Kampus STEI Tazkia. Malam Bina Iman dan Takwa atau kerap disebut Mabit ini berhasil menarik peserta tak hanya dari kalangan pengurus LDK saja, terlebih untuk menggelar kegiatan kali ini Aliqtishod menggandeng partner kerja yang baru-baru ini gebrakan positifnya menyebar kepada civitas kampus yakni Jam’iyyatul Huffaadz.



Mabit yang diselenggarakan sejak hari Sabtu, 26 Desember ini berlokasi di dua tempat yang berbeda. Untuk Mabit Ikhwan bertempat di Andalusia Islamic Centre atau lebih tepatnya di Masjid Andalusia STEI Tazkia. Sementara, para akhwat di mobilisasi ke Masjid Az-zikra yang berlokasi tak jauh dari lingkungan kampus pula, yakni di Pemukiman Muslim Bukit Az-Zikra Sentul City.  Antusiasme para peserta akan kegiatan mabit ini sangatlah tinggi, bahkan salah satu peserta dari Akhwat ada yang jauh-jauh berasal dari Bandung.
Baik ikhwan maupun akhwat, kegiatan dimulai ba’da isya setelah seluruh peserta berjamaah menunaikan sholat Isya yang menandai awalnya kegiatan berlangsung.



Selepas itu, para peserta ikhwan mengikuti kajian yang bertajuk “Menggapai Mahabbah dalam khusyu’nya Muhasabah”  bersama Ust. M. Sholeh Hamid S.Ei yang merupakan alumni STEI Tazkia Angkatan 8. Dikutip dari perkataan beliau “Kecintaan terhadap beribadah adalah tingkatan tertinggi manusia dalam menjalankan ibadah kepada Rabb-Nya”. Jika tidak cinta dalam beribadah, bagaimana mungkin kita dicintai oleh Allah SWT. Cinta timbul karena sering berjumpa. Kemudian dalam pemaparannya, pembicara juga menjelaskan 5 tahapan syaitan dalam menggoda seorang muslim dalam ibadahnya, yaitu

1.    Rasa Malas
2.    Menunda-nunda pekerjaan
3.    Teringat hal yang terlupakan
4.    Bisikan untuk memperbagus ibadah untuk dilihat orang
5.    Menggoda dengan ketetapan takdir
Maksud dari nomor 5 adalah "untuk apa kamu beribadah jika kamu sudah ditetapkan sebagai ahli neraka?" Saat sudah seperti itu, pastikan satu jawaban yang harus kita pahami, "Selama saya sudah beribadah sebaik  mungkin, apapun hasilnya, selama Allah ridho, saya ikhlas karena Allah SWT."

Setelah kajian usai peserta mabit menghatamkan tiwalah Alqur’an 30 Juz dengan proposri satu orang sebanyak satu juz.

Sementara di tempat yang berbeda, peserta mabit akhwat mendapatkan materi yang terbagi dalam dua sesi yang berpusat di Ruang Khadijah Masjid Azzikra. Sesi pertama oleh Ustadzah Nur Atifah S.Tp M.Si dengan tema “Muhasabah : Hisablah dirimu sebelum dihisab” kemudian dilanjut dengan materi yang bertajuk “Ukhuwah Islamiyah” oleh pembicara kedua yakni Umi Khonsa. Manfaat ukhuwah yang dikutip dari materi beliau yakni :

1.    Mendapatkan manis dan lezatnya iman
2.    Allah melindunginya pada hari kiamat
3.    Mengantarkan orang beriman ke syurga
4.    Ukhuwah akan melahirkan Akhlak Mulia
5.    Ukhuwah akan memperkokok kekuatan kaum muslimin

Setelah kajian usai, para peserta disilahkan beristirahat untuk nantinya bangun kembali di sepertiga malam. Keesokan harinya, ba’da sholat tahajjud dan subuh berjama’ah para peserta melakukan tilawah bersama dan dilanjutkan dengan sharing mengenai program LDK & Jam’iyyatul Huffaadz kedepannya.

Sentul City, 16 Rabiul Awal 1437 H/ 27 Desember 2015.
Syiar Aliqtishod.

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.