Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

Al-Iqtishod Gelar Mabit Akbar dan Santunan Anak Yatim


(Andalusia Islamic Centre, 16-17 Januari 2016)

Awal tahun nampaknya dimaknai lebih oleh para aktivis dakwah Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Iqtishod bersama beberapa organisasi lain seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) REMA STEI Tazkia, Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) PROGRES, Jam’iyyatul Hufaadz serta TAZKIA+ dengan menggelar Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) Akbar awal tahun yang bertajuk “Install Ulang Hidupmu dengan Al-Qur’an” pada hari Sabtu (16/01) silam. Bertempat di Masjid Andalusia Islamic Centre, Mabit Akbar tidak hanya dihadiri oleh civitas akademika STEI Tazkia saja, kegiatan ini juga dihadiri oleh rekan-rekan  seperjuangan dari LDK Al-Intisyar, Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Bertindak sebagai MC, Ikram Abdul Aziz memperkenankan salah satu santri Rumah Qur’an Mulia yang bernama Alfian untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut. Beranjak ke acara inti, yaitu penyampaian tausyiah dari Ust. KH. Mohamad  Nurul Anwar yang merupakan Da’i Internasional sekaligus pengasuh Rumah Qur’an Mulia Jakarta. Dalam tausyiahnya, beliau menceritakan keistimewaan-keistimewaan Al-Qur’an serta kenikmatan yang didapat ketika hati kita sudah terpaut dengan Al-Quran dan beberapa kisah yang membangkitkan semangat para peserta. Di akhir acara, sebagai penutup beliau berpesan dengan sebuah kalimat, “Luangkan waktu untuk Al-Qur’an, jangan menunggu waktu luang untuk bersama dengan Al-Qur’an.” Setelah tausyiah berakhir, peserta diperkenankan istirahat untuk selanjutnya sholat tahajud yang dilanjutkan kembali dengan sholat shubuh berjama’ah di Masjid Andalusia.

Keesokan harinya, Ahad (17/01) masih dalam rangkaian kegiatan yang sama. Selepas shubuh, kegiatan diawali dengan khataman tilawah 30 Juz Al-Qur’an oleh para peserta dan ditutup dengan sarapan pagi bersama.
Merasa belum cukup untuk menyemai kebaikan, LDK Al-Iqtishod kembali melanjutkan kegiatan dengan menjalankan Program SEJUTA (SEmarak keJUTAn) bekerja sama dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) pusat yang bersinergi dengan Human Appeal International (HAI) United Emirate Arab. Program ini merupakan kegiatan santunan bagi anak yatim yang terdapat dibeberapa yayasan anak yatim dan salah satu di antaranya adalah yayasan binaan LDK Al-Iqtishod.

Acara yang dipandu oleh dua orang MC dari LDK Al-Iqtishod, yaitu Diki Nurdiansyah dan Ammar Multazim bil Haq berhasil memberikan keceriaan dalam raut wajah anak-anak. Di awali dengan tilawah oleh perwakilan anak-anak, kemudian MC memberikan games serta mengajak bernyanyi bersama yang diikuti dengan penuh antusias dan keceriaan dari anak-anak tersebut.
Setelah itu, anak-anak diarahkan sesuai yayasan masing-masing dengan dipandu oleh tim guide dari LDK Al-Iqtishod ke selasar kampus STEI Tazkia untuk mendengarkan dongeng dari Abu Miftah dan bonekanya yang bernama Memet. Abu Miftah mengisahkan sebuah dongeng yang berjudul “Urgensi Syukur”. Riuh tawa terdengar ramai tatkala dongeng diperdengarkan.

Dipenghujung kisah, kegiatan kembali diambil alih oleh MC dan sukses menambah keceriaan dan kehangatan suasana. Memasuki inti acara, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian santunan berupa paket perlengkapan sekolah kepada anak-anak oleh PKPU dan perwakilan panitia dari LDK Al-Iqtishod. Alhamdulillah santunan tersalurkan kepada sekitar 400 anak.

Walau kelelahan nampak jelas dari raut wajah panitia, namun semangat keceriaan dan tawa bahagia dari anak-anak menghapuskan segala bentuk kelelahan seperti mengecas ruhani dan semangat panitia yang turut di sana. Kegiatan diakhiri dengan makan dan foto bersama anak-anak yayasan, PKPU serta jajaran panitia LDK Al-Iqtishod.

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.