Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

KAJIAN DISDUS (Diskusi Solutif Dunia Muslimah) ANNISA AL-IQTISHOD



Press Release Kajian Disdus, 29 Desember 2015
Judul               : Bedah Siroh Shahabiyah
Pemateri          : Sitti Rajab Husein S.Pd
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

A. Sumayyah binti Khayyat,
Hamba sahaya dari Abu Hudzaifah bin Mughirah. Beliau dinikahi oleh Yasir, seorang pendatang yang kemudian menetap di Mekkah, sehingga tak ada kabilah yang dapat menolongnya. Dia hidup sebatangkara, sehingga posisinya sulit dan dibawah aturan pemerintahan yang berlaku pada zaman jahiliah. Setelah menikah dengan Yasir, Sumayyah dikaruniai 2 anak laki-laki bernama Ammar dan Ubaidullah. Ketika Ammar sudah mulai dewasa, ia mendengar agama baru yang dibawakan oleh nabi Muhammad SAW. Ammar pun mulai mengikuti agama tersebut dan memberitahukan kepada keluarganya agar masuk kedalam agama Islam. Ternyata Sumayyah dan suaminya mengiyakan dan akhirnya Sumayyah pun menjadi orang ke-7 yang masuk dalam Islam.
Setelah itu bani Makhzum mengetahui keislaman keluarga Yasir, maka bani Makhzum menyiksa keluarga Yasir dengan cara mengikat tangan dan kakinya lalu melemparkan mereka kearah tumpukan batu kerikil yang panas dan tajam. Tetapi Sumayyah tetap teguh pada akidahnya.Suatuketika, Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam menyaksikan keluarga muslim tersebut yang tengah disiksa dengan kejam, maka beliau menengadahkan ke langit dan berseru,
صَتْرًاآلَيَاسِرٍفَإِنِّمَوْعِدَكُمُالْجَنَّةُ
Bersabarlah, wahai keluarga Yasir, karena sesungguhnya tempat kembali kalian adalah surga.”
Karena Sumayyah mendengar seruan Rasulullah SAW maka ia semakin optimis akan akidahnya. Karena keteguhannya itu, Abu Jahal melampiaskan amarahnya kepada Sumayyah dengan menusukan tombak yang digenggamnya kepada Sumayyah. Meninggallah Sumayyah sebagai wanita pertama yang syahid dalam Islam.
B. Khadijah binti Khuwailid
Khadijah binti Khuwailid yaitu istri pertama nabi Muhammad SAW. Saat Rasulullah mendapatkan wahyu pertama dan menghadapi cobaan dalam menyebarkan agama islam, Khadijah tetap ada disamping Rasulullah dan mensuport beliau. Disini juga menceritakan bahwa Khadijah adalah wanita yang diberi salam oleh Allah melalui malaikat Jibril. Adapun dalilnya yaitu
:Dari Abu Hurairah radliyallahuanhu berkata, ‘Jibril pernah datang kepada Nabi Shallallahualaihiwasallam lalu berkata,
يَا رَسُوْلَ اللهِ هَذِهِ خَدِيْجَةُ قَدْ أَتَتْ مَعَهَا إِنَاءٌ فَيْهِ إِدَامٌ أَوْ طَعَامٌ أَوْ شَرَابٌ فَإِذَا هِيَ أَتَتْكَ فَاقْرَأْ عَلَيْهَا السَّلَامَ مِنْ رَبِّهَا وَ مِنِّى وَ بَشِّرْهَا بِبَيْتٍ فِى اْلجَنَّةِ مِنْ قَصَبٍ لَا صَخَبَ فِيْهِ وَ لَا نَصَبَ
“Wahai Rosulullah, khadijah akan datang kepadamu dengan membawa bejana yang berisi cuka, makanan atau minuman. Apabila ia datang kepadamu, maka sampaikanlah salam kepadanya dari Rabbnya dan dariku. Dan berikan kabar gembira kepadanya bahwa ia berada di dalam sebuah rumah di dalam surga yang terbuat dari mutiara yang berongga yang tidak terdapat kegaduhan di dalamnya dan tidak pula keletihan”. [HR al-Bukhoriy: 3820, 7497].
Semoga kita bisa mengambil hikmah dari perjalanan dua wanita surga tadi dan mampu menjelma sebagai sebaik-baik wanita juga.
Wallahu a’lam bisshowab

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.