Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

Menjaga Kemulian Dan Kehormatan Sebagai Wanita Muslimah

Bismillahirrahmanirrahim

يا علي لا تتبع النظرة النظرة فان لك الاولى وليست لك الاخرة

“Wahai Ali, jangan kamu ikuti pandangan pertama dengan pandangan berikutnya, karena yang pertama itu adalah boleh (dimaafkan) sedangkan yang berikutnya tidak” (hadits hasan, shahihul jami’ no.7953).

Dari hadits di atas sudah dapat kita ketahui pembahasan apa yang insya Allah akan saya bahas kali ini, yaitu tentang bagaimana seorang wanita menjaga kemulian dan kehormatannya dalam menjalani aktifitas kehidupannya dengan beberapa cara diantaranya:

1.       menjaga pandangannya

وقل للمؤمنين يغضضن من ابصرهن ويحفظن فروجهم ذلك ازكى لهم ان الله خبير بما يصنعون(30)   قل للمؤمنين يغضوا من ابصرهن ويحفظوا فروجهن (31)

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya yang demikian itu lebih suci bagi mereka, sesungguhnya allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman, “hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya””(an-nur:30-31).

Pandangan itu  melahirkan bisikan dalam hati, bisikan dalam hati melahirkan pemikiran, pemikiran menumbuhkan nafsu, lalu menumbuhkan hasrat terus membesar sehingga menimbulkan keinginan kuat yang tak lagi bisa dikendalikan, sehingga terjadilah perbuatan mesum. Karenanya ada sebuah adagium (pepatah): “menyabari untuk menahan pandangan itu lebih ringan dari pada menyabari atas penderitaan sesudahnya."

                Oleh karena itu hai wanita muslimah, hendaklah engkau tundukan pandanganmu dari laki-laki. Jauhlah dari memandang gambar-gambar seronok yang ditampilkan disebagian majalah, layar televise, atau video, niscaya kamu akan selamat dari hal buruk. Berapa banyak pandangan yang mengakibatkan penyesalan (kerugian) bagi pelakunya? Dan api besar bermula dari percikan api kecil.

2.       Khalwat (menyepi berduaan) dengan laki-laki non-mahram

Diantara menjaga pandangan seorang wanita dilarang berkhalwat dengan seorang laki-laki yang bukan mahramnya, pada zaman sekarang ini banyak prilaku khalwat yang disepelekan contohnya: seorang wanita mempunyai sopir pribadi laki-laki namun suaminya menganggap itu wajar dan meridhoinya, seorang dokter laki-laki berkholwat dengan pasiennya, tidak hanya itu seoranng guru yang buta juga dikatakan berkhalwat meskipun dia tidak bisa melihat dan kemungkinan kecil untuk berzina. Perbuatan ini tidak diperbolehkan seperti didalam hadits dijelaskan:

من كان يؤمن بالله واليوم الاخر فلا يخلون بامراة ليس معها ذو محرم منها فان ثالثها الشيطان

“siapa saja yang beriman kepada allah dan hari akhir, janganlah menyepi dengan seseorang wanita yang tidak ditemani mahramnya, karena ketiganya adalah setan”.

لا يخلون احدكم بامراة فان الشيطان ثالثه

“janganlah salah seorang dari kamu berkhalwat dengan wanita, seseungguhnya setan akan menjadi orang yang ketiga”.

3.       Kepergian wanita tampa mahram

لا يحل لامراة تؤمن بالله واليوم الاخر تسافر مسيرة يوم الا مع ذى محرم

“tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada allah dan hari akhir untuk bepergian sejauh perjalanan sehari kecuali bersama mahram."

                 Islam melarang seorang wanita bepergian tampa mahram karna dengan wanita bepergian dengan mehramnya akan menjaga dan melindungi dirinya dari ambisi pelaku dan tindakan moral, jika seorang wanita melaksanakan ibadah haji dengan tidak didampingi mahramnya yang laki semisal saudara perempuannya maka ini diperbolehkan karna ibadah haji tersebut ibadah wajib. Imam nawawi dalam al-majmu’: “tidak diperrbolehkan melakukan safar untuk urusan ibadah sunnah, safar untuk urusan dagang, ziarah, atau semisalnya melainkan harus dengan mahramnya."

                Namun ada orang-orang yang menganggap bahwa safar bagi wanita ada sebagian keadaan yang diperbolehkan, contohnya: seorang wanita apabila akan berpergian mahramnya akan mengantarkan kebandara, dan mereka beranggapan kalau didalam pesawat itu aman dan dalam pesawat juga banyak wanita dan laki-laki, setelah sampai dibandara dia dijemput oleh mahramnya, maka menurut kelompok ini diperbolehkan seorang wanita bepergian tampa mahram”.

                Dari tiga perkara yang dilarang diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa seorang wanita sangatlah mulia, dilundungi dan terhormat karna seorang wanita sangat dijaga dalam kehidupan sehari-harinya, tentu kita sebagai wanita muslimah sangat bangga karna islam telah mengatur sedemikian rupa bagusnya untuk wanita muslimah kembali Kediri kita sendiri bagaimana menerima dan menyikapi perintah dari allah dan rosulnya, semoga kita menjadi wanita yang sholehah dan toat atas segala perintah Nya.


والله اعلم بالصواب


0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.