Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

PRESS RELEASE FITZ 2016




Mewujudkan Masyarakat Qurani dalam Ragam Dakwah


Dakwah bukan hanya soal ceramah, berbicara satu arah di depan banyak jamaah. Karena Islam adalah anugerah dan berkah dari Allah Swt, maka dakwah Islamiyah berarti menebar dan memperkenalkan Rahmat, Cinta dan Kasih Allah Swt kepada semesta alam.
Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Iqtishod - STEI Tazkia, adalah organisasi yang ikut berperan aktif dalam menebarkan dakwah Islamiyah di Indonesia. Perkembangan pola pikir dan interaksi antar sesama manusia, menjadikan organisasi ini menggiring arah geraknya tidak hanya terfokus pada masjid atau mushola, tapi juga meranah pada sosial dan budaya. Hal ini juga melatarbelakangi LDK Al Iqtishod untuk menyelenggarakan Festival Islam Tazkia (Fitz) 2016 guna melebarkan langkah di ranah kesenian.
Fitz diselenggarakan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 5, 12 dan 13 Maret 2016 dengan tujuan menyatukan langkah dalam ragam dakwah untuk menggapai tujuan suci terwujudnya masyarakat qurani.
Pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016. Festival ini melangsungkan berbagai macam perlombaan dibidang seni atau dakwah kreatif, di antaranya adalah Lomba Kaligrafi (kategori Mushaf & Kontemporer), Lomba Poster Dakwah dan Lomba Video Dakwah Kreatif. Selain itu, Festival Islam Tazkia juga menggelar perlombaan Musabaqoh Hifdzul Qur’an (kategori 1 Juz, 2 Juz dan 5 Juz). Euforia dari masyarakat yang cukup besar di ranah ini, menjadikan perlombaan tersebut tak hanya diikuti dari wilayah Jabodetabek, dari luar wilayah Jabodetabek seperti Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya hingga Surakarta turut berpartisipasi dalam ajang ini.

Sharing dan Talkshow Islami

Berbeda dari hari sebelumnya, kali ini pada tanggal 12 Maret, Fitz mengawali hari dengan berbincang bersama Muslim Designer Community (MDC) wilayah Jabodetabek yang diwakili oleh Amal Jamaludin dan dua rekannya. MDC membuka perbincangan dengan memaparkan tentang komunitas mereka, sejarah berdirinya MDC hingga program-program yang dijalankan oleh mereka.
Usai berbagi tips kepada para peserta di akhir sesi, Festival Islam Tazkia kembali melanjutkan acaranya bersama Novelis No. 1 di Indonesia dengan salah satu karyanya yang fenomenal ‘Ayat-Ayat Cinta’, yakni Habiburrahman El Shirazy atau yang akrab disapa ‘Kang Abik’ dalam Talkshow Islami.
Ini merupakan kali kedua Kang Abik menjejakan kaki di Kampus STEI Tazkia. Kang Abik menuturkan, “Perbuatan satu amal kebaikan, akan menyeret kita untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang lain. Begitu pun dengan menulis.”
Dibimbing oleh kak Usaid Rahman seorang ‘Creative Singer’, Talkshow Islami membawa peserta lebih mengenal dunia kepenulisan Kang Abik, bagaimana proses beliau menjadi seorang penulis, pengelolaan suasana hati beliau saat menulis serta hakikat cinta menurut seorang Habiburrahman El Shirazy.
Sebelum Talkshow berakhir, Kang Abik menyuguhkan kepada para peserta kelihaian beliau yang lain, yaitu melantunkan Syair dari Imam Syafii.
Kemudian, acara dilanjutkan dengan Training bersama Eko Susanto ‘Ultra Semangat’ selepas sholat Dzuhur dan makan siang. Di malam harinya, Fitz menutup hari dengan melaksanakan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) bersama Ust. Mahmud Mahfudz, Lc, MH di Masjid Andalusia Islamic Centre.

Spesial Sukses Kaya Bahagia

Rangkaian kegiatan Festival Islam Tazkia 2016 memasuki babak akhir. Tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya, pada tanggal 13 Maret 2016, bekerja sama dengan Masjid Andalusia Islamic Centre, Fitz menyajikan agenda kajian Sukses Kaya Bahagia (SKB) bersama Asma’ul Husna dan Teladan Rasulullah Saw. SKB yang merupakan kajian bulanan rutin Masjid Andalusia, bulan ini disuguhkan secara spesial. Karena tidak hanya diisi oleh Dr. M. Syafii Antonio, selain beliau ada Ust. Abdul Roziq seorang penemu Metode Bimbingan Ilmu Qu’ran Intensive (BILQIS) dalam membaca dan mengiramakan bacaan Al Qur’an serta Al Izzah Nasheed sebuah kelompok pelantun lagu bernafaskan Islami.
Dengan penuh semangat, Bapak Syafii Antonio membawa jamaah untuk lebih memahami hakikat dari Asma Al Muhyii (yang Maha Menghidupkan) dalam pemahaman yang lebih luas, berkaitan dengan sosial, budaya dan ekonomi. Begitu juga dengan Ust. Abdul Roziq yang memberikan training kilat mempraktikan nada-nada tilawah Al Qur’an dari para Qori’ terkenal seperti Syaikh Saad Al Ghamidi dan Abdurrahman As Sudais setelah para jamaah dibuat terpukau oleh penampilan Al Izzah Nasheed.
Seperti biasanya, kajian Sukses Kaya Bahagia selalu memberikan inspirasi dalam benak para jamaah dan menyegarkan ruhani mereka.
Sebelum Festival Islam Tazkia 2016 mengakhiri debutnya, bekerja sama dengan Bedasinemart, Fitz memanjakan para jamaah dan peserta dengan Nonton Bareng film Tausiyah Cinta dan bincang-bincang bersama Siti Rahayu Mukhlisin (pemeran Nayla, adik Azka Pradipta di film Tausiyah Cinta) usai melaksanakan sholat Dzuhur.
“Diharapkan setelah Festival ini, masyarakat dapat membuka wawasan untuk lebih mengenal ladang dakwah yang terbentang. Agar setiap elemen dan lapisan masyarakat dapat merasakan manisnya Rahmat, Cinta dan Kasih Allah Swt.” Ujar salah satu Mahasiswa STEI Tazkia.

Ditulis oleh Alfrida Yulistia dan Muhammad Azzam Alghifary (Divisi Syiar LDK Al Iqtishod – STEI Tazkia)

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.