Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

Ramadhan dan Hidup Bermasyarakat

Berpuasa merupakan sebuah implementasi rasa syukur umat muslim terhadap bulan Ramadhan. Di samping hal tersebut, dengan adanya kebaikan-kebaikan yang diganjar tinggi oleh Allah, maka situasi seperti ini juga harus dimanfaatkan oleh ummat muslim untuk melakukan peningkatan hubungan ke sesama, yaitu melakukan ibadah sosial. Sebab, perkara kehidupan tidak hanya mengenai ibadah formal saja seperti sholat, puasa, haji, dsb, melainkan juga mencakup ibadah sosial seperti menolong ke sesama, silaturrahim, dan lain-lain.

Rasulullah saw menyampaikan sebuah hadist yang berbunyi:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ الَّه صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ : حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ : رَدُّ السَّلَامِ، وَعِيَادَةُ الْمَرِيْضَ، وَاتِّبَاعُ الْجنَائِزِ، وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ، وَتَشْمِيْتُ الْعَاطِسِ (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
“Dari Abu Hurairah ra. yang berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda: Haknya seorang muslim terhadap orang muslim yang lain ada lima, yaitu menjawab salam, mengunjungi yang sakit, mengikuti jenazahnya, memenuhi undangannya dan bertasymit kepada yang bersin”. (Muttafaq 'alaih)

Hadits di atas diartikan sebagai sebuah gambaran yang mana disetiap diri saudara sesama muslim terdapat hak-haknya yang harus ditunaikan. Jadi, Islam sangat menekankan kebaikan-kebaikan yang mampu mengantarkan umat muslim kepada lingkar persaudaraan.

Melakukan ibadah sosial berfungsi sebagai pemupukan sifat empati dan menghilangkan rasa ego di dalam diri. Maka, dengan hadirnya kepedulian untuk menebarkan kebaikan kepada sesama, hubungan antar manusia akan semakin baik dan berimplikasi kepada lingkungan yang lebih luas lagi. Sebab, beragamnya masyarakat membuat kita harus turut andil dalam perbaikan sistem komunikasi sosial yang baik. Untuk menciptakan sebuah lingkungan yang baik maka harus dimulai dari lingkup terkecil dulu.

Oleh karena itu, dengan hadirnya bulan Ramadhan ini, ada baiknya bila kita merenungkan beberapa hikmah yang terkandung di dalam bulan  itu sendiri, seperti semakin eratnya tali silaturrahim, penjagaan yang kuat terhadap lisan dan perbuatan serta terciptanya rasa peduli. Barangkali perenungan yang kita lakukan, bisa membangkitkan spirit berbuat kebaikan yang tinggi.


Oleh: SLA

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.