Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

AKSI BELA ISLAM II

 


Torehan Sejarah Barisan Pembela Al-Qur’an.

Hari itu, topik pembicaraan semua orang hanya satu. Lalu lalang kendaraan yang memadati ruas-ruas jalan metropolitan seakan paham kemana ia harus melaju. Pergerakan orang-orang nampak selaras bahu-membahu saling membantu. Tanda pagar dunia maya menampilkan topik yang terjadi hari itu berada di urutan nomor satu. Buzzer media-media tak hentinya memberitakan apa yang terjadi di hari itu. Dunia disibukkan dengan fenomena yang terjadi di Indonesia kala itu, Umat Islam  Bersatu!
4 November 2016 merupakan momentum bersejarah bagi umat muslim di Indonesia. Jutaan massa dari seluruh penjuru negeri pertiwi bergerak dengan langkah yang sama menuju istana negara. Massa dengan jumlah yang sangat luar biasa itu berkumpul untuk satu tujuan menuntut keadilan. Adalah Aksi Damai 411, begitu kiranya istilah yang menandai torehan pergerakan di hari jum’at yang bersejarah itu.

Aksi Damai 411 atau Aksi Bela Islam Jilid II merupakan kelanjutan dari Aksi 14 Oktober 2016 lalu. Aksi tersebut menuntut penegakan hukum Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Pasalnya sang gubernur mengeluarkan pernyataan dengan membawa salah satu ayat Al-Qur’an yakni Surah Al-Maidah ayat 51 dihadapan publik yang disinyalir terdapat bentuk penistaan agama dalam perkataannya sehingga mengusik umat muslim.

Jutaan massa yang tergabung dalam Aksi tersebut berasal dari elemen masyarakat yang berbeda namun memiliki visi yang sama, para habib, ulama, tokoh petinggi ormas, publik figur berada di garda terdepan barisan pembela qur’an. Pun sama halnya dengan massa aksi dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia. Kendati pada hari itu Tazkia sedang melaksankan Ujian Tengah Semester, sikap yang diambil Tazkia menunjukkan Tazkia berada di pihak mana. Keputusan Yayasan Tazkia Cendekia untuk melakukan perubahan jadwal Ujian Tengah Semester untuk memfasilitasi seluruh civitas akademika yang akan mengikuti aksi tersebut sempat menjadi viral di sosial media. Sebuah keputusan yang sangat luar biasa disaat Kemeriset Dikti melayangkan surat edaran yang mengintervensi civitas akademika perguruan tinggi untuk tidak terlibat  dalam aksi 4 November 2016.
 
Sebanyak 270 massa aksi dari mahasiswa yang dikoordinir oleh Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia turut turun kejalan bergabung dengan massa majelis Azzikra yang  jumlahnya lebih besar. Adapun civitas akademika yang lainnya termasuk Ketua STEI Tazkia yakni Dr. M. Syafii Antonio bergabung bersama rombongan Andalusia Islamic Centre. Tazkia datang dengan tujuan yang sama, Tazkia datang dengan panggilan jiwa, menuntut keadilan, membela kalam Allah bergabung dengan barisan pembela Al-Qur’an seantero negeri ini, berbaris dalam barisan para jundullah, para hizbullah, bersatu dalam sebuah pergerakan Aksi yang bermartabat hingga menorehkan sejarah dimana tergambar jelas persatuan kaum muslim untuk membela agama yang begitu mulia ini. Aksi Damai 411, catatan sejarah keindahan ukhuwah.

Red : Divisi Syiar LDK Al-Iqtishod

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.