Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

DIREKSI





DIREKSI Al-Iqtishod : “Ilmu Ladang Dakwah Menuju Amal Penuh Berkah”
Sentul,Selasa 15 November 2016

Divisi KALAM LDK Al-Iqtishod kembali memberikan asupan energi bagi para kader LDK Al-Iqtishod. Kembali memberi inspirasi untuk tetap menjadikan nyala api dakwah tetap berkobar dihati para pejuang dakwah kampus. Kajian dengan judul “Ilmu Ladang Dakwah Menuju Amal Penuh Berkah”, yang dilaksanakan pada sore hari, bertempat di masjid Andalusia bertepatan hari selasa 15 November 2016 ini berjalan lancar ditinjau dari semangat para kader dalam menghadiri majelis ilmu tersebut.
Kajian ini mengusung judul yang amat lekat dengan pejuang dakwah, agar terus bersemangat dalam menuntut ilmu, sehingga akan lebih banyak lagi ilmu yang diajarkan, dengan begitu biidznillah hidup akan lebih berkah dan bermanfaat. Pada DIREKSI kali ini, materi disampaikan oleh Ust. Thuba Jazil, M.Fin. pembicara yang runut menjelaskan mengapa ilmu itu amat penting, terlebih bagi para Da’I  dan Da’iah
Berikut Notulensi Kajian DIREKSI LDK Al-Iqtishod
Menuntut ilmu wajib dan sangat penting. Ilmu itu menyangkut bagaimana kualitas hidup seseorang. Dengan ilmu yang mumpuni, manusia akan memiliki kualitas hidup yang baik. Dalam hadist Rasulullah pun dikatakan bahwa:
طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة (رواه إبن عبد البر)
“Mencari ilmu itu wajib bagi muslimin dan muslimat.” (HR. Ibnu Abdil Bari)
Tegas dan jelas hadist di atas menjelaskan bahwa, menuntut ilmu itu wajib. Bukan hanya bagi kaum laki-laki saja melainkan juga bagi kaum wanita.
            Orang-orang yang sedang menuntut ilmu dan orang-orang yang berilmu pun memiliki keutamaan-keutamaan yang disebutkan dalam ayat Al-quran dan hadist, diantaranya:
قوله تعالى: يرفع الله الذين امنوا منكم و الذين أوتوا العلم درجات والله بما تعملون خبير 
            “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Almujadalah : 11)
Jelas janji Allah, orang-orang yang beriman dan berilmu akan Allah tinggikan derajatnya. 
Adapula dalam sebuah hadist yang artinya:
“Barang siapa menempuh jalan dalam rangka menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim)
            Ilmu, bukan hanya untuk diketahui, melainkan untuk dipahami.  Ada kemiripan di antara dua kata ini, tapi sejatinya memiliki makna yang berbeda. Mengetahui, hanya sekedar tahu dalam otak saja, sedangkan memahami adalah mengetahui proses memahami konsep-konsep suatu ilmu dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
            Ilmu, harus disertai dengan amal, bila ilmu tanpa amal maka akan sia-sia. Begitupun sebaliknya, amal itu harus dengan ilmu, bila amal tanpa ilmu maka akan menjadi kesia-siaan belaka pula. Seperti kata pepatah arab “al ‘ilmu bila ‘amalin kan nakhli bila ‘asalin” artinya, ilmu tanpa amal bagaikan lebah tanpa madu, hanya kesia-siaan. Berwujud tanpa memberikan mafaatnya. Maka dari itu, islam mewajibkan ummatnya untuk menuntut ilmu. Agar ilmu itu bisa diamalkan dan setiap amalan yang dikerjakan itu sesuai dengan ilmunya.
Ada beberapa hal yang terjadi jika beramal tanpa ilmu, yaitu:
ü  Menyesatkan baik di dunia maupun di akhirat
ü  Menjerumuskan pada ‘kenerakaan’ manusia
ü  Bernilai nihil
ü  Kebingungan dunia dan akhirat
ü  Kemadharatan yang datang dari segala penjuru baik amal duniawi maupun ukhrawi
Akan tetapi akan berbeda jika ilmu sudah maksimal, maka amalan yang dikerjakan akan penuh berkah, seperti :
ü  Muraqabah (pendekatan) kepada Allah sebagaimana ulama robbani
ü  Ketenangan jiwa dalam setiap beramal
ü  Keberkahan yang akan diraih di sisi Allah
ü  Selamat dunia akhirat
 
Red : Divisi Syiar LDK Al-Iqtishod 








0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.