Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod STEI Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

Peringati Solidaritas dengan Hijab

“Hijab is my identity... Allahuakbar!” slogan yang terdengar lantang di Minggu pagi ini tepatnya di Lapangan Sempur, Bogor berbarengan dengan diadakannya hari peringatan International Hijab Solidarity Day (IHSD) oleh para pejuang hijab baik mereka yang menjadi panitia penyelenggara maupun para partisipan yang datang untuk meramaikan acara.
                International Hijab Solidarity Day memang selayaknya dijadikan ajang untuk para muslimah  memperjelas eksistensi Hijab bukan hanya di Indonesia maupun Dunia, mengingatkan bahwa pengorbanan wanita dalam memperjuangkan Hijab pada zamannya itu ada bahkan sangat besar.
                IHSD sendiri terlahir dari sebuah konferensi yang diadakan di Kota London, Inggris pada tanggal 4 September 2004. Pada awalnya, International Hijab Solidarity Day diprakarsai oleh para pemeluk Islam di empat negara, yakni; Perancis, Jerman, Tunisia dan Turki. Di negara-negara tersebut para muslimah berhijab seringkali mendapat diskriminasi dan kesulitan. Oleh karena itu, International Hijab Solidarity Day sendiri memberikan penekanan pada makna kata Solidarity (solidaritas) yakni rasa senasib dan setia kawan.
                Dalam memperingati IHSD ini, FSLDKD PriBar (Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Priangan Barat) dan SPJ (Solidaritas Peduli Hijab) Bogor menyelenggarakan beberapa kegiatan untuk para muslim/ah bersilaturahmi dan berbagi edukasi mendalam tentang hijab dan HISD itu sendiri, tidak lupa untuk saling mengingatkan dasar pakaian hijab yang dibenarkan oleh syari’ah, seperti tidak menggunakan pakaian ketat serta tembus pendang dan juga berhijab hingga menutup dada adalah sebuah keharusan para muslimah.
                Tak hanya edukasi, acara peringatan HISD ini dibuka dengan long march yang dimulai dari Masjid Al-Hijr Air Mancur pukul 07.00 WIB dan berakhir di Lapangan Sempur yakni dimana lokasi utama acara diselenggarakan, kurang afdol rasanya apabila tidak dilengkapi dengan berbagi dalam kesempatan baik ini, maka diadakanlah give away hijab, tak hanya sekedar give away, namun terdapat tantangan dalam meperoleh hijab gratis tersebut, yakni dengan mencari target siapapun yang menginginkan hijab gratis dapat memenuhi tantangan dengan mendatangi booth FSLDK untuk mengenakan hijab yang syar’i, apabila dapat menjalankan tantangan dengan benar, maka hijab tersebut dapat langsung di miliki, dalam sesi ini juga sekaligus diadakan penggalangan dana untuk para saudara/i muslim yang sedang berjuang di Rohingya, Myanmar yangmana Alhamdulillah hingga akhir acara berhasil terkumpul kurang lebih sebesar Rp. 1.800.000.

                Peringatan IHSD bersama FSLDK dan SPJ Bogor pun diakhiri dengan do’a dan sesi foto bersama untuk mengingat keakraban yang sudah dijalin dengan kumpulnya beberapa forum LDK dari berbagai kampus di Jawa Barat tepatnya di Bogor dalam memperingati International Hijab Solidarity Day. Semoga Allah semakin mempermudah setiap muslimah untuk mengenakan hijab syar’i, dan jangan malu menjadikan hijab sebagai identitas, ya! IHSD... Hijab is my identity, Allahuakbar!

salah satu kegiatan acara; Hijab Education & Sharing

para peserta menandatangani banner IHSD 

oleh: Tim Pers Syiar LDK Al-Iqtishod


0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.