Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod Institut Agama Islam Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Bergabung dengan sahabat lainnya di page facebook, twitter dan instagram untuk update artikel keren dan artwork awesome.

PRESS RELEASE DIREKSI


ISLAM, IMAN, DAN IHSAN



aliqtishod.com--Sentul, 08 Oktober 2019

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

Diskusi Sore Asik dan menginspirasi (Direksi) merupakan acara kajian ini rutin diselenggarakan pada hari selasa sore di lantai 2 Masjid Andalusia. Kajian ini jug bukan hanya agenda rutin bagi anggota internal LDK saja, kajian ini merupakan acara yang dapat dihadiri oleh umum dan terkhusus bagi para pemuda yang sangat haus akan ilmu. Acara kajian ini sangat mengecas ruhani dan memberikan banyak inspirasi dalam melakukan kebaikan. Direksi kali ini mengusung tema “Islam, Iman, dan Ihsan” dengan pembicara yang sangat menginspirasi, yaitu Ust.Taufiq Daud yang dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Oktober 2019.

Kebahagiaan seperti apakah yang diidamkan setiap orang? “Hidup itu yang penting happy”, sepenggal kalimat yang terdengar simple tapi pada dasarnya mampu mempengaruhi motivasi setiap orang. Nah, bagaimana sih car kita mewujudkan kebahagiaan itu?
Kunci dalam meraih kebahagiaan yaitu, beriman kepada Allah dan beramal sholeh. Dengan menggabungkan keduanya, maka akan mendapatkan kebahagiaan, yaitu bahagia di dunia dan bahagia di akhirat. Puncak kebahagiaan inilah yang selalu dimohon oleh hamba-hamba Allah Swt.

Sebagaimana juga dikaji dalam kajian direksi kali ini mengenai hadist Al-Arbain An-Nawawiyah ke-2 mengenai pokok-pokok ajaran Islam, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.
Hadits ini menjelaskan apa itu definisi Islam, Iman, serta Ihsan melalui pertanyaan Malaikat JIbril yang ditujukan kepda Nabi Muhammad Saw dalam wujud manusia di Majelis Ilmu nabi. Adapun kandungan dari Hadits ArBain ini, ialah:

Bersikap baik dan sopan di majelis ilmu
Definisi islam, Iman, dan Ihsan
Adanya hari akhir dan tanda-tandanya
Etika dala bertanya
Metode Tanya jawab
Hadits ini sangat penting, meliputi semua amal perbuatan, yang dhahir dan yang batin, bahkan semua ilmu syariat mengacu kepadanya sehingga disebut Ummus Sunnah.

Sekian, Semoga bermanfaat
Barakallahufiikum…

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

Red: Tim Pers Syiar LDK Al-Iqtishod
 


0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.