Lembaga Dakwah Kampus Al-Iqtishod Institut Agama Islam Tazkia

Pengecas Ruhani Pemberi Inspirasi

Artikel

Sahabat bisa dapatkan artikel seputar Islam yang bisa menambah pemahaman kita mengenai Islam.

Audio

Download audio kajian dari asatidz terpercaya agar kita lebih mantap dalam memahami agama ini.

Join Us

Dapatkan info mengenai pendaftaran keanggotaan LDK Al Iqtishod terbaru.

Hikmah dibalik Seruan Adzan

Azan merupakan salah satu syiar Islam yang paling sering kita dengar setiap hari. Bahkan sehari saja kita dapat mendengarkan sebanyak 5 kali. Tidaklah berlalu satu hari pun dari kehidupan kita kecuali kumandang azan dari masjid, mushala, maupun surau yang keberadaannya dekat dengan kita sebagai pertanda bahwa waktu shalat telah tiba.


Sebagai orang beriman, sudah selayaknya menghormati, mengagungkan, dan memperhatikan azan karena pada hakikatnya azan merupakan panggilan Allah SWT. agar kita segera mendatangi rumah-Nya untuk melaksanakan ibadah shalat secara berjamaah. Dalam ajaran Islam, azan memiliki keutamaan. Keutamaan yang menunjukkan bahwa azan merupakan sesuatu yang harus kita agungkan, bukan malah direndahkan. Adapun hikmah dibalik seruan adzan, yaitu:


Pertama, kalimat-kalimat yang ada di dalam azan adalah kalimat yang abadi. Tidak akan ada yang berani mengubah kalimatnya sampai kapan pun. Kalaupun ada yang berani merubahnya pastilah tidak akan bertahan lama dan pasti orang-orang yang beriman akan melakukan amar makruf nahi mungkar dengan tanggannya, lisan, dan hatinya.


Kedua, mengandung pahala yang besar. “Seandainya orang-orang mengetahui pahala yang terkandung pada azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mungkin mendapatkannya kecuali dengan cara mengadakan undian atasnya, niscaya mereka akan melakukan undian.” (HR Bukhari dan Muslim).


Ketiga, mengusir setan. “Apabila azan shalat dikumandangkan, setan melarikan diri terkentut-kentut sampai tidak mendengar azan.” (HR Bukhari dan Muslim).


Keempat. Jalan meraih surga. “Kami pernah bersama Rasulullah SAW, lalu Bilal berdiri mengumandangkan azan. Ketika selesai, Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa mengucapkan seperti ini dengan yakin, niscaya dia masuk surga’.” (HR an-Nasa’i).


MasyaAllah banget yah, betapa besarnya keutamaan adzan. Oleh karena itu, bila ada seorang Muslim yang merendahkan kedudukan azan dan muazin sudah selayaknya beristighfar, bertobat, termasuk terkait azan agar tidak tenggelam dalam kekeliruan. 

Wallahu a'lam.


๐Ÿšฉ LDK Al-Iqtishod Institut Tazkia

✨Pengecas Ruhani, Pemberi Inspirasi✨


Keep in touch with us on:

๐Ÿ‘ฅ FB : LDK Al Iqtishod

๐Ÿฆ : @ldkaliqtishod

๐Ÿ“ท : ldkaliqtishod

๐ŸŒ : www.ldkaliqtishod.com

๐Ÿ”น️ line : @ldkaliqtishod

๐Ÿ”น️ Android App : bit.ly/AliqtishodApp

๐Ÿ”น️ Youtube : LDK Al-Iqtishod

0 komentar:

Share is caring, Silahkan berbagi apa saja di sini.